Selasa, 02 Oktober 2012

Sally Ride, Astronot Perempuan Pertama AS Yang Menginspirasi Banyak Remaja Putri

Sally Ride
Inspirasi Sally Ride, Astronaut Perempuan AS Pertama

Sally Ride adalah astronaut perempuan Amerika pertama dan termuda yang pernah bepergian ke luar angkasa. Sayangnya, Ride telah meninggal dunia di rumahnya dekat San Diego, California, di usia 61 tahun. Ride diketahui telah berjuang melawan kanker pankreas selama 17 bulan. Seorang kawan dekat berujar bahwa Ride hanya mengatakan kepada segelintir orang tentang penyakitnya. NASA pun memenuhi permintaannya untuk merahasiakan masalah kesehatannya.

Sally Ride adalah seorang ahli fisika, penulis ilmu pengetahuan, penulis buku anak-anak, seorang profesor fisika, dan inspirasi bagi generasi perempuan. Ia pernah melakukan perjalanan pesawat ulang-alik Columbia pada 1983 ketika dia baru berusia 32.

"Sebagai perempuan Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, Sally adalah seorang pahlawan nasional dan anutan," kata Presiden Barack Obama dalam sebuah pernyataan. "Dia menginspirasi para remaja putri untuk meraih bintang-bintang dan kemudian berjuang tanpa lelah untuk mencapainya. Ia juga bersedia membantu orang lain meraih impian dengan fokus yang lebih besar pada ilmu pengetahuan dan matematika. Ini menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada batas atas apa yang kita dapat capai dan saya tidak ragu bahwa warisannya akan bertahan untuk tahun-tahun mendatang. Selamat jalan Sally.. "

Iklan

Lahir pada 26 Mei 1951 di Encino, California, Sally Kristen Ride memang selalu terpesona oleh ilmu pengetahuan, meskipun dia juga hobi bermain tenis. Ride sedang menyelesaikan gelar PhD dalam bidang astrofisika di Universitas Stanford. Dia sudah mendapatkan gelar sarjana dalam bidang fisika dan bahasa Inggris dan gelar master dalam bidang fisika. Kepada New York Times pada 1982, ia mengaku menjadi astronaut setelah melihat adanya lowongan di koran dan memutuskan, "Aku adalah salah satu dari orang-orang itu." Ia pun lalu menanggapi iklan tersebut lalu menjalani program ini dan menjadi astronaut.

Pada konferensi pers sebelum penerbangan pertamanya pada 1983, ia dengan sopan menjawab pertanyaan tentang bagaimana berada di luar angkasa dapat memengaruhi penampilan, emosi, dan perannya sebagai ibu. Ia pun pernah berkelakar mengenai bagaimana peluncuran pesawat ulang-alik mungkin akan tertunda karena ia lebih sibuk mencari tas yang cocok dengan sepatunya.

Dia menghabiskan enam hari di luar angkasa pada 1983 dan pensiun dari program pesawat pada 1987. Sally Ride meninggalkan suami yang telah bersamanya setelah 27 tahun, Tam O'Shaughnessy, serta ibunya, Joyce, adiknya, Scott, keponakannya, Caitlin, dan keponakannya, Whitney.

www.mediaindonesia.com